Habibillah, Fikri (2025) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA LAYANAN JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM BIKE MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Maxim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi). IQTISHADUNA : JURNAL ILMIAH MAHASISWA HUKUM EKONOMI SYARIAH, 7 (1). ISSN 2714-6917
![]() |
Text
SKRIPSI FIKRI HABIBILLAH..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
lembar persetujuan, pengesahan, pernyataan keaslian karya ilmiah.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) dan Harga terhadap Keputusan Layanan Jasa Transportasi Online Maxim Bike Oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer dalam penelitian ini berupa kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5 dengan 100 responden yaitu Mahasiswa yang menggunakan Maxim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi aktif di semester genap 2025. Model penelitian dijabarkan dalam persamaan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program spss 26. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan layanan jasa transportasi online Maxim Bike pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan. Electronic Word of Mouth dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan. Electronic Word of Mouth (EWOM) merupakan strategi pemasaran yang efektif. Ulasan atau komentar dan rekomendasi dari pengguna melalui media sosial berperan besar dalam membentuk persepsi pengguna terhadap Maxim. Hasil uji koefisien diterminasi (R2) sebesar 0,435 yang menunjukkan bahwa pangaruh variabel independen Electronic Word of Mouth (EWOM) dan Harga terhadap variabel dependen Electronic Word Of Mouth adalah sebesar 43,5% sedangkan sisanya 56,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian yang diteliti. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth (EWOM), Harga, Keputusan Penggunaan, Etika Bisnis Islam.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | HABIBILLAH |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:15 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |