PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI INSTRUMEN ISOMORFIK RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH BERFORMAT FIVE-TIER BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DAN PENYEBABNYA

Triani, Elza (2025) PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI INSTRUMEN ISOMORFIK RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH BERFORMAT FIVE-TIER BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DAN PENYEBABNYA. S2 thesis, Pascasarjana: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
FULL TESIS P2A523017 ELZA TRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
TESIS_P2A523017_ELZA_TRIANI- COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Halaman PERSETUJUAN Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS_P2A523017_ELZA_TRIANI- ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan dan kelayakan instrumen isomorfik rangkaian listrik arus searah berformat five-tier berbasis website untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dan penyebabnya, serta mendeskripsikan bentuk miskonsepsi siswa pada materi tersebut. Dalam pembelajaran fisika, miskonsepsi siswa pada materi rangkaian listrik arus searah masih kerap terjadi dan belum teridentifikasi secara mendalam karena guru umumnya hanya mengandalkan diskusi, pengamatan, atau hasil ujian tanpa dukungan data yang komprehensif. Oleh karena itu, dibutuhkan instrumen diagnostik isomorfik berbasis website berformat five-tier yang mampu membantu guru mengidentifikasi bentuk dan penyebab miskonsepsi secara lebih sistematis dan akurat guna menunjang pembelajaran yang lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen dikembangkan dalam bentuk website agar dapat diakses secara fleksibel dan mempermudah analisis miskonsepsi secara otomatis. Validasi dilakukan melalui uji ahli media yang menunjukkan tingkat validitas tinggi. Uji coba produk dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil terhadap guru dan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kota Jambi. Hasil implemetasi instrumen menunjukkan bahwa instrumen ini berfungsi mengidentifikasi berbagai miskonsepsi siswa, seperti pemahaman keliru terhadap arah arus listrik, distribusi tegangan pada rangkaian seri dan paralel, serta konsep hukum Ohm dan hukum Kirchoff dengan sumber penyebab dominan miskonsepsi adalah pemikiran pribadi siswa. Selain itu, analisis hasil tes berbasis website memungkinkan identifikasi cepat terhadap tingkat miskonsepsi siswa dengan data yang terorganisir dalam tabel dan grafik. Instrumen ini juga mampu memberikan informasi rinci mengenai jenis konsepsi yang dimiliki siswa (scientific conception, lack of knowledge, misconception, false positive, dan false negative). Dengan demikian, pengembangan instrumen ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika, khususnya dalam mendeteksi dan mengatasi miskonsepsi siswa pada materi rangkaian listrik arus searah. Kata Kunci: Pengembangan instrumen, five-tier diagnostic test, website, miskonsepsi, rangkaian listrik arus searah.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Elza Triani
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:18
Last Modified: 08 Jul 2025 08:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82168

Actions (login required)

View Item View Item