CHOIRUNNISYA, FEGI PENGARUH KEGIATAN BERMAIN RASA DAN BAU DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH KEGIATAN BERMAIN RASA DAN BAU DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI.
![]() |
Text
1. HALAMAN SAMPUL (COVER).pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
Abstract
ABSTRAK Choirunnisyah, Fegi. 2019. Pengaruh Kegiatan Bermain Rasa dan Bau dalam Pembelajaran Sains Terhadap Kemampuan Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan., (II) Dr. K. A Rahman, M.Pd. Kata Kunci: Kegiatan Bermain Rasa dan Bau, Berpikir Kritis. Berdasarkan pengamatan awal peneliti di TK Harapan Bunda kota Jambi pada anak usia 5-6 tahun pada tanggal 19-24 Februari 2018, pada saat anak sedang melakukan pembelajaran, diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis pada anak belum sepenuhnya terlatih. Karena, masih terdapat anak yang rasa ingin tahunya masih rendah pada saat belajar yang ditandai dengan sedikitnya pertanyaan tentang pelajaran yang disampaikan. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru sehingga anak kurang terlibat secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Pada saat kegiatan tanya jawab terlihat hanya beberapa anak yang merespon pertanyaan guru. Selain itu, terlihat ada sebagian anak tidak antusias untuk berbicara atau mengungkapkan idenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain rasa dan bau dalam pembelajaran sains terhadap kemampuan kritis anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen (semi ekperimen). Desain yang gunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Desain penelitian pre-eksperimen ini dilakukan dengan memberikan pretest, dilanjutkan dengan perlakuan dan diakhiri dengan postest. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B1 TK Harapan Bunda Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pretest menggunakan instrument penelitian berupa angket, kemudian peneliti melakukan perlakuan dan memberikan posttest. Setelah semua data di dapatkan, data dianalisis menggunakan uji-t dan dilanjutkan dengan mencari nilai determinasi untuk penafsiran pengaruh bermain rasa dan bau dalam pembelajaran sains terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi. Hasil uji-t di dapatkan thitung = 20,98 dan ttabel untuk α = 0,05 diperoleh 2,131. Kriteria pengujian adalah terima H0 jika thitung ≤ ttabel dan H0 ditolak jika thitung > ttable yaitu 20,98>2,131. Selanjutnya besar pengaruh yang didapatkan dari nilai determinasi yang berkisar anatara 0,82-1,00 dengan penafsiran sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan bermain rasa dan bau dalam pembelajaran sains mempunyai pengaruh sangat kuat terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun TK Harapan Bunda Kota Jambi. .
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FEGI CHOIRUNNISYA |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 03:23 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 03:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |