Indriani, Pitri (2025) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS 2 SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK PITRI BARU.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB 1 PITRI BARU.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB 5 PITRI.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
COVER PITRI.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
DAPUS PITRI.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN PITRI.pdf Download (406kB) |
Abstract
ABSTRAK Indriani, Pitri. 2025. Penerapan model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi” Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum, M.Pd (II) Merci Robbi Kurniawati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Belajar Sejarah,Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan model reciprocal teaching untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi. Motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan melalui penerapan reciprocal teaching oleh karna itu, rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah penerapan model reciprocal teaching dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi” Metode dan teknik penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 13 siswa laiki-laki. Variabel yang diteliti meliputi peningkatan motivasi belajar yang berhasil dicapai oleh siswa telah dilaksanakan pembelajaran toga siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif data kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas X IPS 2 SMPA PGRI 2 Kota Jambi saat belajar menggunakan penerapan Reciprocal Teaching.Pada siklus I tindakan I memiliki nilai rata-rata 70,5 menunjukkan bahwa masih rendah motivasi belajar. Pada siklus I tindakan II memiliki nilai rata-rata 71,2 menunjukkan sedikit peningkatan. Pada siklus II tindkaan III memiliki nilai rata-rata 80,7 menjukkan peningkatan bagus. Pada siklus II tindakan IV memiliki nilai rata-rata 74,1 memiliki sedikit penurunan pada dari tindakan III. Pada siklus III tindakan V memiliki nilai rata-rata 76,5 menunjukkan adanya peningkatan kembali. Pada siklus III tindakan VI memiliki nilai rata-rata 82,3 menunjukkan peningkatan yang sangat signitifkan . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Siswa, Belajar Sejarah,Reciprocal Teaching. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | INDRIANI |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:33 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 12:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |