Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA

Akbar, M Taufik (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, Magister Pendidikan Matematika.

[img] Text
Tesis_M.Taufik Akbar_Revisi Pasca Sidang (Upload).pdf

Download (11MB)
[img] Text
Cover Tesis_M.Taufik Akbar.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (338kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I_Tesis.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V_Tesis.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa harus menjadi pokok permasalahan yang harus menjadi perhatian oleh seorang pendidik. Pembelajaran hendaknya dirancang melalui permasalahan yang memungkinkan siswa mampu melakukan komunikasi matematika yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk mobile learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan kualitas valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini ialah kelas X SMA Negeri 8 Batang Hari pada semester Genap 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran mobile learning yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis dan efektif. Kevalidan dapat dilihat dari hasil validasi ahli dibidang media dan materi pembelajaran yang menunjukkan bahwa mobile learning baik dan layak digunakan, kepraktisan dapat dilihat dari persepsi siswa dan guru yang memberikan tanggapan positif terhadap mobile learning yang dikembangkan dan keefektifan dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan komunikasi matematis siswa dengan perbandingan nilai pree test dan post test dengan uji N-Gain dengan perolehan sebesar 0,71 dengan kategori Tinggi. Dengan demikian untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat menggunakan mobile learning dengan pendekatan contextual teaching learning yang telah dikembangkan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mobile Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Contextual Teaching and Learning

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: M. Taufik Akbar
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:12
Last Modified: 10 Jul 2025 08:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83157

Actions (login required)

View Item View Item