Pengaruh Penerapan Outdoor Modelling Mathematics Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi

Annisa, Elsy (2025) Pengaruh Penerapan Outdoor Modelling Mathematics Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (649kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (158kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang paham terhadap konsep dari materi yang sedang dipelajari. Penyajian soal dan materi yang masih jauh dari contoh-contoh nyata atau yang dapat dilihat atau dialami oleh siswa. Kurang tepatnya model dan pendekatan pembelajaran yang digunakan serta rendahnya pengenalan terhadap tingkat kemampuan siswa yang berbeda juga turut serta mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Outdoor Modelling Mathematics berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan posttest only control group design dan sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan awal matematis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dan post-test berupa lembar tes kemampuan akhir terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan Outdoor Modelling Mathematics berdiferensiasi pada materi bangun ruang sisi lengkung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi yang didasarkan pada nilai Sig. sebesar 0,000 dan perolehan effect size sebesar 1,64 yang berada pada kategori efek besar; (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen untuk kelompok siswa dengan kemampuan tinggi, 77,77% siswa kemampuan berpikirnya sangat kreatif dan 22,23% siswa kreatif. Untuk kelompok siswa dengan kemampuan sedang, 66,66% siswa sangat kreatif dan 33,34% siswa kreatif. Untuk kelompok siswa dengan kemampuan rendah, 41,66% siswa kemampuan berpikirnya sangat kreatif, 50% siswa kreatif dan 8,34% siswa cukup kreatif. Sementara kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol untuk kelompok siswa dengan kemampuan tinggi, 28,57% siswa kemampuan berpikirnya sangat kreatif, 57,14% siswa kreatif dan 14,29% siswa cukup kreatif. Untuk kelompok siswa dengan kemampuan sedang, 44,44% siswa kemampuan berpikirnya kreatif dan cukup kreatif serta 11,12% siswa kurang kreatif. Untuk kelompok siswa dengan kemampuan rendah, 35,71% siswa kemampuan berpikirnya kreatif, 50% siswa cukup kreatif dan 24,39% kurang kreatif. Kata Kunci: Outdoor Modelling Mathematics, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kreatif

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Modelling Mathematics, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANNISA
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:05
Last Modified: 02 Aug 2025 08:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83265

Actions (login required)

View Item View Item