EFEKTIVITAS MODEL PBL TERINTEGRASI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH

Marviany, Anggi (2025) EFEKTIVITAS MODEL PBL TERINTEGRASI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
hal pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 R-digabungkan.pdf

Download (347kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER R.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 5 R-digabungkan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar pustaka (2).pdf

Download (462kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan yang baik membekali siswa dengan kemampuan yang diperlukan untuk masa depan, salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah. Namun, observasi di SMAN 1 Kota Jambi menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran biologi masih belum optimal, terutama dalam mengidentifikasi masalah, menemukan solusi, dan mengambil keputusan yang tepat. Kondisi ini dipengaruhi oleh kurang optimalnya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas akibat keterbatasan waktu pembelajaran. Salah satu model alternatif yang dapat diterapkan adalah integrasi model PBL dengan pendekatan Flipped Classroom yang memungkinkan siswa mempelajari materi secara mandiri di rumah, sehingga pembelajaran di kelas dapat difokuskan pada pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model PBL terintegrasi Flipped Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI fase F SMAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kota Jambi menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan random sampling. Kelas XI F2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PBL terintegrasi Flipped Classroom dan XI F7 sebagai kelas kontrol menggunakan model PBL. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan tes esai untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan menggunakan uji One Way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL terintegrasi Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai effect size [ηp² = 0,439]. Oleh karena itu, model PBL terintegrasi Flipped Classroom efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ANGGI MARVIANY
Date Deposited: 11 Jul 2025 05:46
Last Modified: 11 Jul 2025 05:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83670

Actions (login required)

View Item View Item