ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Aprilione, Sagita (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Kesimpulan atau BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)

Abstract

Aprilione, Sagita. 2025, Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Matematis Siswa ditinjau dari Self Confidence pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si (II) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Numerasi Matematis, Self Confidence Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi matematis siswa SMAN 4 Kota Jambi khususnya pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi matematis matematis siswa ditinjau dari self confidence pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti serta instrumen pendukung berupa angket self confidence, lembar tes soal kemampuan literasi numerasi matematis materi barisan dan deret aritmatika, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan suatu kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas fase E1 SMAN 4 Kota Jambi yang terdiri dari 2 siswa dengan masing-masing kategori self confidence yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat self confidence tinggi mempunyai kemampuan literasi numerasi matematis dengan memenuhi semua indikator yaitu: (1) menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari. (2) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain-lain). (3) menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Sedangkan siswa dengan tingkat self confidence sedang pertama dan self confidence sedang kedua mampu memenuhi dua indikator kemampuan literasi numerasi matematis. Kemudian self confidence rendah pertama dan self confidence rendah kedua hanya memenuhi satu indikator kemampuan literasi numerasi matematis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aprilione
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:35
Last Modified: 14 Jul 2025 01:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83760

Actions (login required)

View Item View Item