Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry Learning Menggunakan Pendekatan SCL (Student Centered Learning) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP

Putra, Chandana (2025) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry Learning Menggunakan Pendekatan SCL (Student Centered Learning) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_CHANDANA PUTRA A1C221085 FULL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (339kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dan inquiry learning menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Jambi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VII H, VII G, dan VII I sebagai sampel penelitian. Data yang dibutuhkan yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa hasil MID semester genap kelas VII mata pelajaran matematika dan data primer berupa posttest kemampuan pemahaman konsep matematis dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dianalisis menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji Levene’s dan uji ANOVA. Selain itu, terdapat lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa dari masing-masing model pembelajaran yang diterapkan. Hasil analisis ANOVA menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, maka terdapat pengaruh signifikan dari model discovery learning dan inquiry learning menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP. Kemudian, uji tukey menunjukkan kelas eksperimen I sebesar 28,56, kelas eksperimen II sebesar 29,72 dan kelas kontrol sebesar 22,16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model discovery learning dan inquiry learning menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP. Pendekatan ini menempatkan siswa sebagai pusat proses pembelajaran. Melalui model discovery learning, siswa diajak mencari dan mengkonstruksi pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dan observasi mereka sendiri. Sementara itu, inquiry learning mendorong siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu yang dapat memperdalam pemahaman konsep. Oleh karena itu, penerapan model discovery learning dan inquiry learning dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL) dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning dengan pendekatan SCL, Model Inquiry Learning dengan pendekatan SCL, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: CHANDANA PUTRA
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:27
Last Modified: 14 Jul 2025 02:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83768

Actions (login required)

View Item View Item