SARTIKA, DEWI HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP N 1 MUARO JAMBI. JURNAL HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP N 1 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
![]()
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (424kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
![]() |
Text
BAB I jb.pdf Download (269kB) |
|
![]() |
Text
BAB V jb.pdf Download (161kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di kelas IX SMP N 1 Muaro Jambi Nama : Dewi Sartika Nim : RRA1E114013 Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd, Kons 2. Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan fenomena yang penulis temukan, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di kelas IX SMP N 1 Muaro Jambi. Penelitian dilakukan pada kelas IX, karena fenomena yang ditemukan saat melakukan PLKPS di SMP N 1 Muaro Jambi pada saat siswa tersebut kelas 7 semester II dan sekarang sudah berada pada kelas XI semester I. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mengungkap kanhubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa dikelas IX SMP N 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasional, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 1 Muaro Jambi tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 160 orang siswa dan dengan sampel 76. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi yang telah dilakukan dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil uji korelasi product moment, diperoleh hasil output uji korelasi atau r hitung sebesar Hasil pengolahan data tersebut r hitung sebesar 0,511,. dengan disesuaikan dengan urutan jumlah dk ( derajat kebebasan ) 75 (76-1 ). Dalam baris itu dijumpai r-tabel sebesar 0,2242 pada tingkat signifikan α0,05, maka r hitung 0,511> 0,2242. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Muaro Jambi Pada hipotesis yang dikemukakan pada bab terdahulu, maka hipotesis nol ( Ho ) di tolak dan hipotesis alternative ( Ha ) diterima. Dengan demikian hipotesis menyatakan terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan perstasi belajar siswa. Layanan bimbingan dan konseling diperlukan siswa untuk memenuhi kebutuhan individual anak baik secara psikologis maupun untuk mengembangkan potensi diri agar dapat berkembang secara optimal. Terutama program layanan yang dapat membantu guru pembimbing dalam mengamati, memperhatikan, membimbing dan mengarahkan siswa menjadi lebih baik lagi dalam hal pencapaian proses perkembangan siswa, salah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEWI SARTIKA |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 09:16 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 09:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |