Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Pidato di Kelas VIII C MTs Negeri 1 Sarolangun

Febriana, Indri (2025) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Pidato di Kelas VIII C MTs Negeri 1 Sarolangun. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI INDRI FEBRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas VIII C MTs Negeri 1 Sarolangun. Penerapan model talking stick (tongkat berbicara) dirasa efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran pidato peserta didik di kelas VIII C MTs Negeri 1 Sarolangun. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Sarolangun pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap berulang, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII C MTs Negeri 1 Sarolangun. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pelaksanaan tes berpidato pada akhir siklus untuk mengetahui tingkat keterampilan berbicara pada pembelajaran pidato setelah menerapkan model pembelajaran talking stick. This research is based on the low speaking skills of students in class VIII C of MTs Negeri 1 Sarolangun. The application of the talking stick model is considered effective in improving students' speaking skills. The purpose of this study is to analyze the effectiveness of the talking stick learning model to improve speaking skills in speech learning for students in class VIII C of MTs Negeri 1 Sarolangun. This research was conducted at MTs Negeri 1 Sarolangun in the even semester of the 2024/2025 academic year. This study used a Classroom Action Research (CAR) design with four iterative stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The data sources in this study were all students in class VIII C of MTs Negeri 1 Sarolangun. The data collection techniques were carried out by observation and implementation of a speech test at the end of the cycle to determine the level of speaking skills in speech learning after implementing the talking stick learning model.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, pembelajaran pidato, model talking stick
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: INDRI FEBRIANA
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:39
Last Modified: 16 Jul 2025 04:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84487

Actions (login required)

View Item View Item