Malau, Cindy Rotua (2025) PENGARUH ULASAN PRODUK DAN HARGA DISKON TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PLATFORM SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
skripsi cindyyy.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
Daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, lampiran.pdf Download (736kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (528kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ulasan produk dan harga diskon terhadap minat beli konsumen pada platform Shopee, dengan objek penelitian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Latar belakang dari penelitian ini adalah semakin meningkatnya tren belanja online di kalangan mahasiswa, di mana ulasan produk dan strategi harga diskon menjadi faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 92 mahasiswa aktif pengguna Shopee. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS versi 3. Pengujian dilakukan terhadap model pengukuran (outer model), model struktural (inner model), dan uji signifikansi.kemudian dari hasil penelitian menemukan bahwa ulasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, yang berarti semakin baik ulasan yang diterima oleh suatu produk, semakin tinggi pula minat beli mahasiswa. Selain itu, harga diskon juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, yang menandakan bahwa potongan harga menjadi salah satu daya tarik utama bagi konsumen. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan minat beli mahasiswa di platform Shopee. Kata Kunci: Ulasan Produk, Harga Diskon, Minat Beli, Shopee, Partial Least Square (PLS).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Ulasan Produk, Harga Diskon, Minat Beli, Shopee, Partial Least Square (PLS). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | CINDY ROTUA MALAU |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:19 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |