Syahirah, Intan (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ASBTRAK.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi masih tergolong rendah yang ditunjukkan pada saat peneliti melakukan observasi awal dan belajar siswa, siswa masih cenderung tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan dan juga kurang optimalnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi materi, validasi desain, dan validasi media, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi, serta peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Dan untuk instrumen pengumpulan data dengan 3 kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa diberikan pre-test dan pos-test. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kevalidan dari segi materi adalah 96,36% (sangat valid) dan tingkat kevalidan dari segi desain adalah 94% (sangat valid), tingkat kepraktisan oleh guru adalah 90% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan oleh siswa adalah 92,78% (sangat praktis), tingkat keefektifan berdasarkan hasil angket efektifitas LKPD oleh siswa atau angket respon siswa adalah 85,2% (efektif) dan berdasarkan data hasil uji coba kelompok besar dan perhitungan N-gain, hasil rata-rata Gain Score yang diperoleh sebesar 0,7333 dengan persentase 73,33% termasuk kedalam kategori efektif. Sehingga, LKPD berbasis Problem Based Learning efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan pemahaman konsep matematis, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Syahirah |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |