PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 KABUPATEN TEBO

Ratindra Ikhsandani, Eka PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 KABUPATEN TEBO. Universitas Jambi. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Ikhsandani, Eka Ratindra. 2019. Pengaruh Pendidikan Formal dan Pendapatan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Muslim, S.Pd., M.Si., (II) Dra. Sofnidar, M.Si., Kata Kunci: pengaruh, pendidikan formal, pendapatan, hasil belajar matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan formal dan pendapatan orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo pada bulan maret – april 2019. Data penelitian yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil dari tes hasil belajar matematika, sedangkan data sekunder berupa data pendidikan formal dan pendapatan orangtua siswa. Setelah data-data didapatkan data dianalisis secara kuantitatif dengan korelasi dan regresi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial terdapat korelasi positif Pendidikan Formal Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo, yang ditunjukkan dengan nilai rhitung (0.336) > rtabel (0.235). Terdapat korelasi positif Pendapatan Orangua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo, yang ditunjukkan dengan nilai rhitung (0.640) > rtabel (0.235). Secara simultan juga terdapat korelasi positif Pendidikan Formal dan Pendapatan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo, yang ditunjukkan dengan nilai rhitung (0.645) > rtabel (0.235). (2) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Formal Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.334, nilai thitung (3.031) > ttabel (1.997) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.129(12,9%). Dan juga terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendapatan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.644, nilai thitung (8.307) > ttabel (1.997) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.500(50.0%). Secara simultan juga terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Formal dan Pendapatan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.11 (X1) dan 0.61 (X2), serta nilai Fhitung (35.40) > Ftabel (3.15) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.514 (51.4%).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EKA RATINDRA IKHSANDANI
Date Deposited: 17 Jul 2019 01:53
Last Modified: 17 Jul 2019 01:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8478

Actions (login required)

View Item View Item