Damayanti, Dian Ruth (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
Lembar persetujuan dan lembar pengesahan.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
A1C220067_DIAN RUTH DAMAYANTI_SKRIPSI ANALISIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Damayanti, Dian Ruth. 2025. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Matriks Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas XI: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes. (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Gaya Kognitif, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pemecahan masalah matematika pada materi matriks ditinjau dari gaya kognitif peserta didik kelas XI. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Jambi di kelas XI-F10 pada tanggal 22 Januari 2025. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu Matching Familiar Figure Test (MFFT), tes kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pemecahan masalah matriks, dan lembar wawancara semi terstruktur. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari 4 peserta didik kelas XI-F10 SMAN 4 Kota Jambi yang terdiri dari 2 orang gaya kognitif impulsif dan 2 orang gaya kognitif reflektif. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kedua subjek dengan gaya kognitif impulsif hanya memenuhi indikator kelancaran dalam memahami masalah, sedangkan kelancaran dalam merencanakan penyelesaian hanya terpenuhi oleh SI2, dan SI1 dapat memenuhi indikator keluwesan dalam merencanakan dan melaksanakan rencana penyelesaian. Sementara itu, kedua subjek bergaya kognitif reflektif memenuhi indikator kelancaran tahapan pemecahan masalah, keluwesan dalam merencanakan dan melaksanakan rencana penyelesaian, dan elaborasi dalam menyusun rencana. Namun, untuk indikator keluwesan dalam memahami masalah dan elaborasi dalam memahami masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian hanya terpenuhi oleh SR1, sedangkan indikator Elaborasi dalam memeriksa kembali jawaban hanya terpenuhi oleh SR2.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | DAMAYANTI |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:49 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 08:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |