Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pedagang Pasar Untuk Meningkatkan Pendapatan (omzet) Dalam Etika Bisnis Islam (studi Pasar rakyat Aurduri Kota Jambi)

Sundayani, Indah Dewi and Ridhwan, Ridhwan and Aprizal, Yusuf Zaini (2025) Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pedagang Pasar Untuk Meningkatkan Pendapatan (omzet) Dalam Etika Bisnis Islam (studi Pasar rakyat Aurduri Kota Jambi). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK ABSTRACT.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
lembar persetujuan, pengesahan dan keaslian Indah Dewi .pdf

Download (686kB)
[img] Text
CETAK KERAS FIX INDAH .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang di Pasar Rakyat Aurduri Kota Jambi dalam upaya meningkatkan pendapatan (omzet) mereka, serta menganalisis penerapan etika bisnis Islam dalam aktivitas perdagangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap pedagang dan pembeli di pasar tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang di Pasar Rakyat Aurduri menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran, seperti interaksi langsung dengan pelanggan, pemberian diskon, dan promosi melalui media sosial sederhana. Namun, penerapan strategi ini masih menghadapi tantangan berupa persaingan dengan pasar modern dan keterbatasan pengetahuan teknologi. Dalam perspektif etika bisnis Islam, sebagian besar pedagang telah menerapkan prinsip keadilan, transparansi, dan kejujuran dalam bertransaksi. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Pasar Tradisional, Etika Bisnis Islam, Analisis SWOT, Pendapatan Pedagang

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Pasar Tradisional, Etika Bisnis Islam, Analisis SWOT, Pendapatan Pedagang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Sundayani
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:21
Last Modified: 31 Jul 2025 05:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84851

Actions (login required)

View Item View Item