Pengembangan Perangkat Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terintegrasi Etnosains Pada Materi Elastisitas Untuk SMA Melalui Proses Pembuatan Tudung Saji Tradisional Dari Anyaman Rotan Menggunakan Fliphtml5

Kaswinata, Kaswinata (2025) Pengembangan Perangkat Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terintegrasi Etnosains Pada Materi Elastisitas Untuk SMA Melalui Proses Pembuatan Tudung Saji Tradisional Dari Anyaman Rotan Menggunakan Fliphtml5. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Halaman pengesahan .pdf

Download (149kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kaswinata. 2025. Pengembangan Perangkat Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terintegras Etnosains Pada Materi Elastisitas Untuk Sma Melalui Pembuatan Anyaman Rotan Tudung Saji Menggunakan Fliphtml5. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) M. Furqon, M.Pd. Kata Kunci: Perangkat ajar P5, Anyaman rotan , etnosains Berdasarkan observasi awal menggunakan angeket diagnostik yang dilakukan di SMA N 1 Muaro Jambi, diketahui bahwa 64% siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep fisika yang berkaitan dengan kearifan lokal, khususnya pada kerajinan anyaman rotan tradisional tudung saji. Temuan ini diperkuat melalui wawancara bersama guru fisika, yang mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dalam proyek P5 masih menggunakan modul hasil modifikasi dari berbagai sumber tanpa dukungan buku penunjang. Dari kekurangan diatas, peneliti mengembangkan perangkat ajar P5 berbasis kearifan lokal anyaman rotan tudung saji serta untuk mengetahui tanggapan guru dan persepsi siswa terhadap perangkat ajar P5. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE, yang memiliki langkah-langkah untuk Analisis, Desain, dan Pengembangan. Subjek penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media, dan 30 siswa dari SMAN 1 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dari para ahli, tes diagnostik, angket persepsi siswa, serta tanggapan guru terhadap perangkat ajar P5 yang dikembangkan. "Hasil dari penelitian ini berupa perangkat ajar P5 yang dikembangkan berdasarkan kerajinan anyaman rotan tradisional tudung saji, dan disusun dalam dua format ukuran, yakni A5 dan A4. Berdasarkan tanggapan dari guru, buku penunjang memperoleh skor sebesar 83% Modul P5 memperoleh skor 81%, yang juga termasuk dalam kategori 'Sangat Baik'. Hasil persepsi siswa terhadap buku penunjang mencapai 90%, yang tergolong dalam kategori 'Sangat Baik'. Berdasarkan hasil penelitian, perangkat ajar P5 yang mengaitkan kerajinan anyaman rotan tudung saji dalam konteks etnosains sangat layak dijadikan perangkat ajar P5. Disarankan agar penelitian selanjutnya melanjutkan hingga tahap implementasi dan evaluasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat ajar P5, Anyaman rotan, tudung saji, etnosains
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KASWINATA
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:28
Last Modified: 21 Jul 2025 07:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85176

Actions (login required)

View Item View Item