Adi Purnama, Muhamad Amin (2025) EFEKTIVITAS INOVASI SIP OK MUBA DALAM PELAYANAN E-KTP OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KECAMATAN BAYUNG LENCIR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
FULL TEKS.pdf Download (2MB) |
Abstract
INTISARI Perkembangan teknologi informasi mendorong pemerintah daerah mengembangkan inovasi layanan publik digital, salah satunya melalui program SIP OK Muba oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin. Inovasi ini bertujuan mempermudah akses masyarakat terhadap layanan administrasi kependudukan, khususnya penerbitan e-KTP. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas layanan SIP OK Muba di Kecamatan Bayung Lencir dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis berdasarkan indikator efektivitas layanan menurut Mudrajad Kuncoro: Sosialisai program, Tujuan program, Tingkat kecepatan respon petugas dan Monitoring. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas layanan SIP OK Muba dalam penerbitan e-KTP di Kecamatan Bayung Lencir belum optimal. Kurangnya sosialisasi menyebabkan minimnya pengetahuan masyarakat terhadap layanan ini, terutama di wilayah pelosok. Meskipun secara digital dirancang untuk memudahkan, masyarakat tetap harus datang ke kantor dinas untuk proses biometrik, yang mengurangi aksesibilitas dan kecepatan layanan. Selain itu, penggunaan chatbot sebagai layanan awal kurang responsif karena peralihan ke petugas manusia berlangsung lambat dan menyebabkan keterlambatan. Evaluasi sistematis oleh penyelenggara juga belum dilakukan meskipun terdapat keluhan dari masyarakat. Dengan demikian, inovasi SIP OK Muba belum sepenuhnya efektif dalam mendukung pelayanan e-KTP yang cepat, mudah, dan merata. Diperlukan peningkatan sosialisasi, perbaikan sistem layanan digital, serta evaluasi berkala agar tujuan layanan publik tercapai secara optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e- KTP, Efektivitas, Inovasi Layanan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Purnama |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:40 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |