Efektifitas Layanan Informasi Dengan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Di SMK Negeri 9 Muaro Jambi

Rahmadia, Suci (2025) Efektifitas Layanan Informasi Dengan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Di SMK Negeri 9 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi 123_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (263kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (309kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (147kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Salah satu potesi yang penting dimiliki oleh siswa yaitu pemahaman akan karir pada siswa. Namun masih banyak siswa yang belum paham akan karir yang ingin mereka tujuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi dengan metode Group Investigation dalam meningkatkan kematangan karir siswa, sebagai salah satu bentuk untuk menikatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest yang dilakukan di SMK Negeri 9 Muaro Jambi. Sampel penelitian berjumlah 27 siswa kelas X DKV I di SMK Negeri 9 Muaro Jambi yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 36 aitem. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas menggunakan metode Shapiro-Wilk dan uji t-test. Hasil peneltiian yang diperoleh menunjukkan bahwa kematangan karir siswa rata-rata ketika pretest adalah 1944 dan hasil posttest 2262. Hasil presentase pada pretest dengan nilai 66,7% kategori cukup baik dan posttest 83,7% kategori sangat baik. Hasil uji-t, ditemukan bahwa pada tingkat kepercayaan 0,05 dan 0,10 nilai t-tabel masing-masing adalah 2,060 dan 1,708, sementara t-hitung sebesar 11,670. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, serta nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05, maka hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test dalam kematangan karir siswa kelas X DKV I SMK Negeri 9 Muaro Jambi dapat diterima.. Dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan metode Group Investigation efektif dalam meningkatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan layanan informasi yang lebih menarik dan partisipatif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kematangan Karir, Layanan Informasi, Group Investigation, Bimbingan dan Konseling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: RAHMADIA
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:33
Last Modified: 20 Aug 2025 03:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85457

Actions (login required)

View Item View Item