Pengembangan Media Pembelajaran Komik Online Toondoo Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Rizki, Agung Pengembangan Media Pembelajaran Komik Online Toondoo Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Online Toondoo Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.

[img] Text
1 Halaman Sampul.pdf

Download (33kB)
[img] Text
4 lembar pengesahan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
9 Daftar Isi.pdf

Download (51kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan pengembangan media pembelajaran komik online toondoo berbasis pendekatan realistic mathematic education (RME) pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi dan Mendeskripsikan kualitas media pembelajaran komik online Toondoo berbasis pendekatan realistic mathematic education (RME) ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektivan dalam proses pembelajaran pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Kota Jambi pada September-Oktober 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Setelah angket dan tes kembalikan, data dianalisis secara kualitatitif dengan presentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa produk media komik online toondoo yang telah dikembangkan telah melalui beberapa kali revisi diantaranya yakni oleh ahli komik, ahli materi , dan ahli desain, kemudian dilakukan uji coba perorangan (guru), uji coba kelompok kecil, dan kelompok besar, responden menyatakan bahwa media komik online toondoo yang dikembangkan sudah sangat baik, media komik online toondoo yang dikembangkan memenuhi kualitas baik, karena memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 4,52 ini termasuk dalam kategori interval (X ) ̅> (X_i ) ̅+ 1,8×Sb_i, dengan kualitas sangat baik. Media komik online toondoo ini memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu berdasarkan hasil penilaian guru matematika dengan rata-rata skor 4,467 dengan kategori “sangat baik”, dan hasil penilaian siswa dengan rata-rata skor 4,412 “sangat baik”. Media komik online toondoo memenuhi kriteria keefektifan, yaitu berdasarkan presentasi siswa yang tuntas sesuai KKM adalah 86,2 %. Menurut Rochmad (2012:68), menyatakan bahwa dalam penelitian pengembangan media pembelajaran harus memenuhi kriteria kualitas yaitu kevalidan (validity), kepraktisan (practically), dan keefektifan (effectiveness). Maka produk komik online toondoo ini mempunyai kualitas baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran komik online toondoo dengnan materi yang lain sehingga penelitian ini menarik peserta didik untuk lebih menyukai matematika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: AGUNG RIZKI
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:37
Last Modified: 18 Jul 2019 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8563

Actions (login required)

View Item View Item