Strategi Guru Dalam Penerapan Peduli Lingkungan Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Islam AL-Falah Kota Jambi

Rabiatul Hasanah, Mira (2025) Strategi Guru Dalam Penerapan Peduli Lingkungan Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Islam AL-Falah Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (192kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB I (7).pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB V (2) (1).pdf

Download (254kB)
[img] Text
Final Skripsi Mira (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (3) (1).pdf

Download (375kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam penerapan peduli lingkungan anak kelompok usia 5–6 tahun di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman sikap peduli lingkungan sejak usia dini yang merupakan masa keemasan pembentukan karakter anak. Meskipun TK Islam Al-Falah telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata, namun masih ditemukan anak-anak yang belum sepenuhnya menunjukkan perilaku peduli lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan lupa menutup keran air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru kelompok B4 dan B5. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam penerapan peduli lingkungan dilakukan melalui kegiatan bermain sambil belajar, seperti mendaur ulang barang bekas, mengelola sampah, menghemat energi, serta memberikan keteladanan langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan. Guru juga melibatkan orang tua dalam kegiatan lingkungan dan secara konsisten memberikan penguatan positif kepada anak. Meskipun terdapat tantangan seperti kurangnya dukungan dari lingkungan rumah, guru terus berupaya melalui komunikasi intensif dengan orang tua. Strategi ini secara umum berhasil menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak usia dini.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Hasanah
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:15
Last Modified: 24 Sep 2025 02:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85866

Actions (login required)

View Item View Item