Nurhaliza, Adhwa (2025) ANALISIS PERAN GURU DALAM PENANGANAN KASUS BULLYING PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB I NUR BARU.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
COVER AJA.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ADHWA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (148kB) |
Abstract
Nurhaliza, Adhwa. 2025. Analisis Peran Guru Dalam Penanganan Kasus Bullying Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Al-Falah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Masyunita Siregar, M.Pd,. (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Bullying, anak usia dini, pendidikan, penanganan Bullying pada anak usia dini merupakan permasalahan yang sering kali tidak disadari oleh orang dewasa, karena dianggap sebagai perilaku biasa dalam proses tumbuh kembang anak. Padahal, tindakan bullying, sekecil apa pun, dapat berdampak negatif terhadap perkembangan sosial dan emosional anak, terutama pada usia 4-5 tahun yang merupakan fase awal pembentukan karakter. Guru sebagai sosok yang paling dekat dengan anak di lingkungan sekolah memiliki peran penting dalam mencegah dan menangani kasus bullying. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peran guru dalam menangani bullying di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelompok A yang membimbing anak usia 4-5 tahun. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan peran guru dalam menangani kasus bullying secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sebagai pengamat, pendidik, sekaligus mediator dalam menangani kasus bullying. Guru tidak hanya memberikan teguran kepada pelaku, tetapi juga melakukan pendekatan personal baik kepada pelaku maupun korban, serta melibatkan orang tua dalam proses penyelesaian masalah. Guru juga menerapkan pembelajaran berbasis nilai-nilai moral dan sosial untuk mencegah terjadinya bullying. Namun demikian, keterbatasan pemahaman tentang bentuk bullying usia dini dan minimnya pelatihan khusus masih menjadi tantangan dalam pelaksanaan peran tersebut.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Bullying, anak usia dini, pendidikan, penanganan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | ADHWA NURHALIZA |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |