Sy Pranata, Arueng (2025) ANALISIS PERAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
HAL. PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ARUENG SY PRANATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis peran pembelajaran sejarah dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan saat ini, di mana peserta didik tidak hanya dituntut untuk menguasai aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik, yang mencakup sikap, nilai, dan perilaku. Mata pelajaran sejarah sebagai bagian dari ilmu-ilmu sosial memiliki potensi besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter melalui pemahaman terhadap perjuangan bangsa, tokoh-tokoh nasional, serta dinamika sosial budaya masyarakat dari masa ke masa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan guru sejarah, siswa, dan pihak sekolah, observasi kegiatan pembelajaran sejarah di kelas, serta dokumentasi terhadap perangkat pembelajaran dan kebijakan sekolah. Fokus utama penelitian adalah bagaimana proses pembelajaran sejarah dirancang dan dilaksanakan untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter, seperti cinta tanah air, tanggung jawab, kerja sama, toleransi, dan kejujuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur telah berkontribusi secara signifikan dalam membentuk karakter siswa, baik secara langsung melalui materi ajar, maupun secara tidak langsung melalui metode pengajaran dan keteladanan guru. Nilai-nilai karakter ditanamkan melalui pendekatan kontekstual, seperti studi kasus sejarah lokal, diskusi kelompok, dan refleksi terhadap peristiwa masa lalu. Guru sejarah juga berupaya mengaitkan pembelajaran dengan isu-isu aktual untuk menumbuhkan sikap kritis dan kesadaran sosial pada siswa. Namun demikian, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah yang berorientasi pada pendidikan karakter, antara lain keterbatasan waktu tatap muka, padatnya kurikulum, serta kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan konteks lokal. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran sejarah melalui pengembangan model pembelajaran yang lebih inovatif, pelatihan guru, dan dukungan dari berbagai pihak, agar tujuan pembentukan karakter siswa dapat tercapai secara optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Nilai Karakter, Siswa, Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | ARUENG SY PRANATA |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |