Identifikasi Pemahaman Kompetensi Kepribadian Calon Guru Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Universitas Jambi

jannah, Miftahul (2025) Identifikasi Pemahaman Kompetensi Kepribadian Calon Guru Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (96kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di lapangan, yang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap kompetensi kepribadian masih belum optimal. Masih ditemukan mahasiswa yang belum sepenuhnya memahami konsep kepribadian yang mantap dan stabil, serta belum mampu menginternalisasi nilai-nilai kepribadian yang dewasa, arif, berwibawa, dan menjadi teladan bagi sesama siswa. Selain itu, pemahaman mengenai pentingnya memiliki akhlak mulia sebagai bagian integral dari kepribadian juga masih kurang. Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman kompetensi kepribadian pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi Angkatan 2022 dan 2023. penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survey deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu 141 mahasiswa Bimbingan dan Konseling dari jumlah populasi sebanyak 217 mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan exel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahman kompetensi kepribadian secara keseluruhan berada pada kategori “Tinggi” dengan persentase sebesar 79,96% berdasarkan indikator: (1) kepribadian yang mantap dan stabil 73,01%, yang berarti pada tingkat “Tinggi”: (2) kepribadian yang dewasa 81,96%, yang berarti pada tingkat “Tinggi”: (3) kepribadian yang arif 79,07%, yang berarti pada tingkat “Tinggi”: (4) kepribadian yang berwibawa 75,36%, yang berarti pada tingkat “Tinggi”: (5) kepribadian yang teladan bagi siswa 87,97%, yang berarti pada tingkat “Tinggi”: dan (6) berakhlak mulia 87,09%, berarti pada tingkat “Tinggi”. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sudah memiliki pemahaman yang cukup baik mengenai kompetensi kepribadian yang ada dalam dirinya. Mereka mampu mengenali berbagai aspek kepribadian seperti kedewasaan, kestabilan emosi, kebijaksanaan, serta sikap berwibawa yang menjadi ciri khas kepribadian yang kuat. Namun demikian, meskipun tingkat pemahaman ini sudah tergolong memadai, masih terdapat ruang yang cukup signifikan untuk pengembangan lebih lanjut. Hal ini menandakan bahwa proses pembelajaran dan pembinaan kepribadian perlu terus ditingkatkan agar mahasiswa tidak hanya memahami secara teoritis, tetapi juga mampu mengimplementasikan nilai-nilai kepribadian tersebut dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten dan efektif. This research is motivated by observations made by researchers in the field, which indicate that students' understanding of personality competencies is still suboptimal. Students are still found to have not fully grasped the concept of a solid and stable personality, and have not been able to internalize the values ​​of a mature, wise, dignified personality, and being a role model for fellow students. Furthermore, understanding of the importance of having noble morals as an integral part of personality is also still lacking. This study aimed to identify the understanding of personality competencies among Guidance and Counseling students at Jambi University, batch 2022 and 2023. This study used a quantitative descriptive survey method. The sampling technique used was simple random sampling. The sample consisted of 141 Guidance and Counseling students from a total population of 217 students. A questionnaire was used in this study. The analysis technique used was descriptive analysis with the help of Excel. The results of the study show that the overall level of understanding of personality competencies is in the "High" category with a percentage of 79.96% based on the following indicators: (1) steady and stable personality 73.01%, which means at the "High" level: (2) mature personality 81.96%, which means at the "High" level: (3) wise personality 79.07%, which means at the "High" level: (4) authoritative personality 75.36%, which means at the "High" level: (5) exemplary personality for students 87.97%, which means at the "High" level: and (6) noble character 87.09%, which means at the "High" level. These findings indicate that most students already have a fairly good understanding of their personality competencies. They are able to recognize various aspects of personality, such as maturity, emotional stability, wisdom, and authority, which are hallmarks of a strong personality. However, while this level of understanding is considered adequate, there is still significant room for further development. This indicates that the learning process and personality development need to be continuously improved so that students not only understand the theory but also are able to implement these personality values ​​in their daily lives consistently and effectively.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian, Calon Guru, Mahasiswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:18
Last Modified: 09 Oct 2025 04:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86203

Actions (login required)

View Item View Item