Personalisasi Pelanggan di Era Branchless Banking

SIMANJUNTAK, ELI (2025) Personalisasi Pelanggan di Era Branchless Banking. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (656kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skrpsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Era branchless banking memungkinkan layanan perbankan dilakukan secara mobile, sehingga nasabah dapat mengakses layanan kapan saja dan di mana tidak bergantung sepenuhnya pada kantor cabang fisik. Kondisi ini mendorong bank untuk menyesuaikan pemasarannya agar tetap kompetitif di tengah perubahan pola interaksi nasabah dengan layanan perbankan. BNI merancang kesiapannya di era branchless banking melalui inovasi pelayanannya dengan mempersonalisasi pelanggannya pada era branchless banking ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana itu dilakukan. Menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan Focus Group Discussion (FGD), penelitian ini menemukan bahwa strategi personalisasi di BNI dijalankan melalui tiga tahap yakni dengan komunikasi pemasaran yang efektif melalui Integrated Marketing Communication guna menciptakan komunikasi yang konsisten dan hubungan yang kuat dengan pelanggan sebagai penopang dalam mempersonalisasi, selanjutnya dilakukan personal selling sebagai sarana untuk membangun interaksi langsung dengan nasabah dengan mempersipkan tim yang cakap untuk itu. Tahap berikutnya adalah penyediaan layanan yang dipersonalisasi, dilakukan understanding customer dengan mengelompokkan nasabah berdasarkan portofolio dana, delivering personalization melalui penyesuaian produk dan layanan sesuai kebutuhan, serta measuring impact dengan melihat sejauh mana kepuasan dan loyalitas nasabah terbentuk. Kata Kunci: Branchless Banking, Personalisasi, Pelanggan

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Branchless Banking, Personalisasi, Pelanggan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: ELI MEISONA SIMANJUNTAK
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:53
Last Modified: 14 Oct 2025 04:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86603

Actions (login required)

View Item View Item