Firman, Prof and Saputra, Muhammad Adi and Syahreza, Rama (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
|
Text
Skripsi Rama_Abstrak.pdf Download (231kB) |
|
|
Text
Skripsi Rama_Bab I.pdf Download (207kB) |
|
|
Text
Skripsi Rama_Bab V.pdf Download (210kB) |
|
|
Text
Skripsi Rama_Cover.pdf Download (210kB) |
|
|
Text
Skripsi Rama_Daftar Pustaka.pdf Download (173kB) |
|
|
Text
SKRIPSI RAMA PRINT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
Skripsi Rama_Halaman Pengesahan.pdf Download (538kB) |
Abstract
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah, Index Card Match Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran sejarah melalui penerapan model Index Card Match pada siswa kelas XI SMAN 1 Kota Jambi. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran tersebut dapat mendorong peningkatan kreativitas siswa. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat tahap utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 36 siswa kelas XI F4, yang menjadi partisipan dalam proses pembelajaran selama dua siklus. Untuk memperoleh data tentang tingkat kemampuan berpikir kritis siswa, peneliti menggunakan instrumen berupa angket yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kritis tertentu. Instrumen ini dirancang untuk mengukur secara kuantitatif perubahan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran diterapkan. Hasil dari analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penggunaan model Index Card Match. Pada siklus I, capaian kemampuan berpikir kritis siswa berada pada angka 42% di tindakan I dan 50% di tindakan II. Setelah dilakukan evaluasi dan perbaikan, proses pembelajaran dilanjutkan ke siklus II, di mana hasilnya meningkat menjadi 71% di tindakan I dan 84% di tindakan II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan tidak hanya membantu siswa memahami materi, tetapi juga mendorong kemampuan berpikir kritis selama pembelajaran sejarah berlangsung.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah, Index Card Match |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | RAMA SYAHREZA |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 06:52 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 06:52 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
