PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ORCHID KOTA JAMBI

MARDI, MUTHIAH PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ORCHID KOTA JAMBI. JURNAL PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ORCHID KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Muthiah Mardi. 2019. Peningkatan Kemampuan Memahami Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A di TK Orchid Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I. (II) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.si Kata Kunci: Kemampuan Memahami Bahasa, Metode Brcerita Latar belakang dari penelitian ini adalah salah satu perkembangan yang terjadi pada anak usia dini adalah perkembangan kemampuan memahami bahasa yang belum berkembang secara optimal. mendapatkan metode pembelajaran yang dapat menunjang perkembangan anak. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode bercerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan memahami bahasa melalui metode bercerita pada anak kelompok A di TK Orchid Kota Jambi. Subjeknya adalah anak usia dini di kelas B1 yang berjumlah 9 anak, 7 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Bahasa merupakan alat terpenting manusia dalam melakukan interaksi, komunikasi dan mengembangkan peradaban dalam sepanjang kehidupan. metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan aspek perkembangan bahasa salah satunya yaitu metode bercerita, Metode bercerita adalah penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita dari guru kepada anak didik di taman kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan, rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 5 pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar obserevasi/lembar tes dari hasil pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dilaksanakan metode bercerita dengan membaca langsung dari buku cerita proses belajar cukup lancar , hasil belajar siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 29, siklus I pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 31, siklus I pertemuan 3 dengan nilai rata-rata 32, siklus I pertemuan 4 dengan nilai rata-rata 34, dan dipertemuan ke 5 dengan nilai rata-rata 41. Pada siklus II penerapan metode bercerita membaca langsung dari buku cerita dibantu dengan media gambar proses pembelajaran sudag tergolong baik dengan hasil belajar pada siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 72, siklus II pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 75, siklus II pertemuan 3 dengan nilai rata-rata 78, siklus II pertemuan 4 dengan nilai rata-rata 79, dan dipertemuan ke 5 dengan nilai rata-rata 82. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dibantu dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan memahami bahasa pada anak usia dini di TK Orchid Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUTHIAH MARDI
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:23
Last Modified: 24 Jul 2019 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8739

Actions (login required)

View Item View Item