Ningrum, Susi Listia (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI. PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 1 BATANGHARI. (Unpublished)
![]() |
Text
COVER .pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh pengelolaan kelas dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar di SMK Negeri 1 Batanghari Kelas X dan XI Administrasi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian non- eksperimen (Survey). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa- siswi kelas X dan XI Jurusan Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2018/ 2019. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket dan dokumentasi data nilai Ujian Akhir Semester untuk melihat prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan diperoleh nilai thitung pengelolaan kelas yaitu sebesar 2,933, sedangkan nilai ttabel sebesar 2,004, diperoleh hasil bahwa 2,933 > 2,005, maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh pengaruh yang signifikan secara parsial antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan diperoleh nilai thitung pemanfaatan perpustakaan sekolah yaitu sebesar 2,771, sedangkan nilai ttabel sebesar 2,004, diperoleh hasil bahwa 2,771 < 2,004, maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F yang dilakukan diperoleh Nilai thitung sebesar 7,353, sedangkan nilai Ftabel sebesar 3,17, karena 7,353 > 3,17 sehingga dapat disimpulkan antara pengelolaan kelas dan pemanfaatan perpustakan sekolah secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan pengujisn ini disarankan agar siswa- siswa di SMK Negeri 1 Batanghari diharapkan dapat meningkatkan lagi kemampuan belajarnya, agar seluruh siswa memiliki prestasi belajar yang lebih baik dan lulus melebihi nilai sebelumnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SUSI LISTIA NINGRUM |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 03:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2019 03:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |