SAPITRI, ELLA UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK BAITURAHMAH KOTA JAMBI. JURNAL UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK BAITURAHMAH KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.doc Download (284kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (139kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (30kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (20kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Ella Sapitri. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di TK Baiturrahmah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Dra. Kasmiati, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa Lisan, Metode Bercerita Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan berbahasa merupakan salah satu unsur yang perlu dikembangkan dalam Taman Kanak-kanak melalui bidang pengembangan bahasa dalam hal bercerita secara urut diberi bimbingan atau tuntutan untuk mengembangkan bahasanya secara wajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia dini sebelum dan sesudah diberi tindakan berupa metode bercerita di TK Baiturrahmah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 3 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Pengolahan data bekerjasama dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang disediakan setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pratindakan kemampuan bahasa lisan anak di kelas B TK Baiturrahmah masih kurang baik dengan persentase 20,62. Setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan 1 kemampuan bahasa lisan anak di kelas B TK Baiturrahmah sebesar 24,29, siklus I pertemuan 2 sebesar 27,88 dan siklus I pertemuan 3 sebesar 27,31. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 kemampuan bahasa lisan anak di kelas B TK Baiturrahmah sebesar 28,24, siklus II pertemuan 2 sebesar 31,76 dan siklus II pertemuan 3 sebesar 38,17. Sedangkan hasil siklus III pertemuan 1 kemampuan bahasa lisan anak di kelas B TK Baiturrahmah sebesar 48,12, siklus III pertemuan 2 sebesar 58,48 dan siklus III pertemuan 3 sebesar 74,02. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini dengan peningkatan yang sangat baik melebihi batas ketuntasan yang telah ditentukan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ELLA SAFITRI |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 02:58 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 02:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |