PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DAN KORELASINYA DENGAN SIKAP ILMIAH SISWA DI KELAS X MIA SMAN 7 KOTA JAMBI

NURUSSALAMIA, NURUSSALAMIA (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DAN KORELASINYA DENGAN SIKAP ILMIAH SISWA DI KELAS X MIA SMAN 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DAN KORELASINYA DENGAN SIKAP ILMIAH SISWA DI KELAS X MIA SMAN 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Nurussalamia. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Hukum Dasar Kimia dan Korelasinya dengan Sikap Ilmiah Siswa di Kelas X MIA SMAN 7 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si, Pembimbing II: Prof. Dr. Drs. M. Naswir. KM, M.Si Kata kunci: Model pembelajaran Think Pair Share, Sikap ilmiah Siswa, Hukum Dasar Kimia. Proses pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi antar siswa dan sikap ilmiah siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dimana model ini dapat diterapkan pada materi hukum dasar kimia untuk membangkitkan minat belajar siswa, membimbing siswa secara mandiri, berpasangan dan saling berbagi untuk menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi hukum dasar kimia dan untuk mengetahui korelasi dengan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN 7 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif korelasional. Desain yang digunakan adalah mix method. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas X MIA 1. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi penggunaan model oleh guru maupun siswa dan lembar observasi sikap ilmiah siswa. Untuk melihat korelasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan sikap ilmiah siswa dilakukan uji korelasi product moment. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share oleh siswa sebesar 74,19% dengan kategori baik dan persentase sikap ilmiah siswa sebesar 72,50% dengan kategori baik. Hubungan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan sikap ilmiah siswa diperoleh rxy = 0,80 dengan tingkat hubungan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap sikap ilmiah siswa pada hukum dasar kimia kelas X SMAN 7 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: NURUSSALAMIA
Date Deposited: 16 Sep 2019 03:12
Last Modified: 16 Sep 2019 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9151

Actions (login required)

View Item View Item