AGUSTININGSIH, AGUSTININGSIH (2019) PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTASI BERBASIS FLIPPED CLASSROOOM TERINTEGRASI TOULMIN ARGUMENTATION PATTERN (TAP) PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIPA SMAN 4 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTASI BERBASIS FLIPPED CLASSROOOM TERINTEGRASI TOULMIN ARGUMENTATION PATTERN (TAP) PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIPA SMAN 4 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (647kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (23kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Agustiningsih. 2019. Pengembangan Prosedur Model Pembelajaran Argumentasi Berbasis Flipped Classroom Terintegrasi Toulmin Argumentation Pattern (TAP) Pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Jambi; Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) M. Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D, Pembimbing (II) Drs. Abu Bakar, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Debat Aktif, Stoikiometri Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Model pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pengajaran dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Model pembelajaran debat aktif merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok dalam menyelesaikan masalah. Model pembelajaran Flipped Classroom adalah model pembelajaran terkini dengan memberikan materi secara online diluar kelas dan mengerjakan tugas didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prosedur model pembelajaran Argumentasi Berbasis Flipped Classroom pada materti Stoikiometri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan prosedur Model Pembelajaran Argumentasi berbasis Flipped Classroom pada materi Stoikiometri di kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasikan salah satu jenis prosedur penelitian pengembangan model Lee J.L dan Jang yaitu Tipe F2-O2-S4-A3. Pada penelitian ini terdiri beberapa tahapan yaitu menentukan sumber data, mengumpulkan data, menganalisis data, memunculkan ide, menggambarkan model. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim Desain Pembelajaran dan diimplementasikan pada uji coba di 2 kelas yaitu kelas pertama X MIPA 1 dan kelas kedua X MIPA 5. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, angket dan lembar observasi. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan sekala likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon Ahli Desain Pembelajaran terhadap prosedur model pembelajaran argumentasi berbasis flipped classroom memberikan respon positif dan dinyatakan “layak” untuk dilakukan uji coba. Prosedur Model Pembelajaran ini juga mendapat respon positif dari guru mata pelajaran kimia, dan direspon positif oleh siswa dengan skor 84,98% dengan kriteria “sangat layak” pada kelas pertama dan 77,87% dengan kriteria “layak” pada kelas kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prosedur model pembelajaran argumentasi berbasis flipped classroom pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Jambi baik digunakan sebagai model pembelajaran dan direspon positif oleh siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AGUSTININGSIH |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:01 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |