KURNIAWAN. A, ANGGI (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA MAN 5 BATANGHARI TAHUN 2018. JURNAL HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA MAN 5 BATANGHARI TAHUN 2018.
![]() |
Text
COVER.docx Download (34kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (34kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa MAN 5 Batanghari Tahun 2018 Nama : Anggi Kurniawan. A NIM : RRA1E114029 Dosen Pembimbing : 1. Drs. H. Rasimin, M.Pd 2. Drs. Joni Afri, M.Pd Mengingat realisasi tujuan pendidikan secara menyeluruh pembulatan perkembangan peserta didik dan kenyataan bahwa adanya setumpuk perbedaan individu yang semuanya tercakup dalam lingkup tujuan pendidikan secara nasional, maka harus dikatakan bahwa pendidikan sekolah dewasa ini tidak akan lengkap tanpa layanan bimbingan sebagai bagian integral dari keseluruhan program kegiatan pendidikan di sekolah. Fenomena di lapangan MAN 5 Batanghari menurut kepala sekolah bawha dorongan belajar adalah membantu individu untuk mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan predisposisi (kecendrungan) yang dimilikinya, berbagai latar belakang yang ada (latar belakang keluarga, pendidikan, status sosial ekonomi), serta sesuai dengan tuntutan positif lingkungannya. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa MAN 5 Batanghari Tahun 2018, yang berkaitan dengan (1) Motivasi belajar yaitu pilihan dalam belajar, keyakianan untuk sukses dan keuletan dalam berusaha, dan (2) Prestasi Belajar yaitu perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang menyangkut pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini dilakukan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik, yaitu regresi linier di MAN 5 Batanghari dengan populasi dan sampel 57 orang siswa diambil secara teknik total sampling. Hasil pengolahan data tentang motivasi belajar (X) dan prestasi belajar (Y) sebesar 0,843 lebih besar dari 0,05 atau (0,843 > 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar (X) dan prestasi belajar (Y) di MAN 5 Batanghari, yang di uji berdistribusi normal. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar ternyata perhitungan melalui korelasi untuk rxy = 0,843 ini korelasi tergolong korelasi tinggi, hubungan besar, dan untuk menguji signifikasinya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi belajar dan prestasi belajar. Maksudnya motivasi belajar dan prestasi belajar memiliki kontribusi atau hubungan pada pencapaian siswa dalam pengertian yang lain semakin baik motivasi belajar maka akan semakin baik pula prestasi belajar siswa. Bila hasil penelitian ini diimplikasikan pada kegiatan bimbingan dan konseling maka dalam proses konseling berupaya membantu siswa untuk dapat memperoleh prestasi belajar siswa yang optimal dan menumbuhkan pandangannya serta anggapannya mengenai belajar secara positif yang pada gilirannya akan menimbulkan prestasi belajar siswa. Motivasi belajar dengan prestasi belajar yang baik ini tentunya akan memberikan kepuasan pada diri siswa, guru dan sekolah yang pada akhirnya akan mengangkat nama baik pendidikan di Indonesia dan meningkatkan sumber daya manusia Indonesia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANGGI KURNIAWAN.A |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 02:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |