PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN APLIKASI INSTRUMENTASI (AUM PTSDL) DI SMA N 3 KOTA JAMBI

NURJANAH, IKE (2019) PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN APLIKASI INSTRUMENTASI (AUM PTSDL) DI SMA N 3 KOTA JAMBI. JURNAL PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN APLIKASI INSTRUMENTASI (AUM PTSDL) DI SMA N 3 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (22kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.doc

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Aplikasi Instrumentasi (AUM PTSDL) di SMAN 3 Kota Jambi Nama : Ike Nurjanah NIM : A1E114048 Pembimbing : 1. Drs. Joni Afri, M.Pd 2. DR.Akmal Sutja,M.Pd Penyelenggaraan AUM PTSDL merupakan salah satu instrumen yang dipergunakan oleh guru BK untuk mengetahui mutu kegiatan belajar siswa. AUM PTSDL terlaksana optimal diberbagai SMA yang ada di Kota Jambi, terutama SMAN 3 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pelaksanaan aplikasi instrumentasi (AUM PTSDL) yang diselenggarakan oleh guru BK di SMAN 3 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan instrumen (angket), ditinjau dari cara pengolahan datanya, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif.. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas XII yang pernah mendapatkan penyelenggaraan AUM PTSDL. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model model dikhotomis atau disebut juga dengan dua jawaban (Ya-Tidak). Teknik analisis data yaitu dianalisis dengan teknik persentase. Secara keseluruhan persepsi siswa mengenai pelaksanaan aplikasi instrumen AUM PTSDL berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 17,79 atau dengan besaran persentase responden sebesar 49,3%. Lebih lanjut persepsi siswa mengenai pelaksanaan aplikasi instrumen AUM PTSDL yang dilihat dari indikatornya maka: (1) Komponen AUM PTSDL dinilai siswa berada pada kategori baik yaitu dengan skor rata-rata sebesar 5,08 atau dengan besaran persentase responden sebesar 63,13%, (2) Pengerjaan AUM PTSDL dinilai siswa berada pada kategori sedang yaitu dengan skor rata-rata sebesar 10,1 atau dengan besaran persentase responden sebesar 59,63%, dan (3) Penyampaian hasil AUM PTSDL dinilai siswa berada pada kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,69 atau dengan besaran persentase sebesar 73,75%. Untuk penyelenggaraan AUM PTSDL yang lebih optimal, maka disarankan untuk guru BK agar dapat memanfaatkan dan mengadministrasikan AUM PTSDL dengan memanfaatkan berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung dalam format layanan tertentu dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi dan pimpinan sekolah agar dapat selalu berperan dalam memfasilitasi penyelenggaraan pelayanan BK termasuk fasilitas kelengkapan instrumen BK dan memberikan penugasan kepada Koordinator BK dan Guru BK atau Konselor sesuai SK tentang tugas pokok dan fungsinya. Kata Kunci: AUM PTSDL

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IKE NURJANAH
Date Deposited: 02 Oct 2019 01:33
Last Modified: 02 Oct 2019 01:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9389

Actions (login required)

View Item View Item