PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN IMPLEMENTASI KONTEKSTUAL SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIPA 4 SMAN 4 KOTA JAMBI

MARDHIYAH, SITI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN IMPLEMENTASI KONTEKSTUAL SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIPA 4 SMAN 4 KOTA JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN IMPLEMENTASI KONTEKSTUAL SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIPA 4 SMAN 4 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (282kB)

Abstract

ABSTRAK Mardhiyah, Siti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Implementasi Kontekstual Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIPA 4 SMAN 4 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II: Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata kunci: Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, Kemampuan Implementasi Kontekstual, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk mencapai tujuan pembelajaran dan tercapainya peningkatan pemahaman siswa dalam memahami materi lebih baik, diperlukan suatu model pembelajaran yang aktif dan kreatif. Salah satu model pembelajaran adalah Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) dalam pendidikan IPA diyakini sebagai model pembelajaran yang tepat karena berusaha menjembatani materi di dalam kelas dengan situasi dunia nyata di luar kelas yang menyangkut perkembangan teknologi dan situasi sosial kemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perubahan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan tindakan belajar siswa dalam menerapkan model Sains Teknologi Masyarakat, dan untuk meningkatkan kemampuan implementasi siswa melalui penerapan model sains teknologi masyarakat, serta untuk mengetahui lingkungan belajar yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang menerapkan model sains teknologi masyarakat pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi model pembelajaran sains teknologi masyarakat oleh guru dan lembar observasi siswa. Pada penerapan model sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan implementasi kontekstual siswa terlihat pada persentase kemampuan implementasi siswa meningkat pada siklus I ke II dan siklus II ke III sebesar 5,23% dan 16,42%, yaitu siklus I 61,83% (cukup), siklus II 67,06% (cukup) dan siklus III 83,47% (baik). Meningkatnya kemampuan implementasi kontekstual siswa menggunakan model sains teknologi masyarakat tidak terlepas dari bimbingan dan motivasi yang diberikan peneliti saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan kemampuan implementasi kontekstual siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI MARDHIYAH
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:54
Last Modified: 14 Oct 2019 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9509

Actions (login required)

View Item View Item