NORA HANDAYANI HARAHAP, NOVRI (2019) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI IPS SMAN 10 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI IPS SMAN 10 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (28kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN 5.1 Simpulan Berdasarkan hasil penelitian ini interaksi sosial guru dengan siswa mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap minat belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas XI IPS SMA N 10 Kota Jambi. Dari hasil analisis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, hasil deskripsi data Interaksi sosial guru dengan siswa (X) diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,3700 yang berada pada skala 64-84 dengan jumlah frekuensi 65 dan persentase sebesar 65% sebagian besar interaksi sosial guru dengan siswa berada dalam kategori baik. Selanjutnya deskripsi data minat belajar (Y) diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,2500 yang berada pada skala 41-60 dengan jumlah frekuensi 61 dan persentase sebesar 77% sebagian besar minat belajar siswa berada dalam kategori cukup. Selanjutnya yaitu R square menunjukkan nilai sebesar 0.26 Sehingga pada penelitian ini interaksi sosial guru dengan siswa mempunyai pengaruh sebesar 26% terhadap minat belajar. Hal tersebut menunjukkan pentingnya menciptakan interaksi sosial guru dengan siswa yang baik serta menarik sehingga anak memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti proses pembelajaran disekolah. 5.2 Implikasi Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasi secara teoritis dan praktis sebagai berikut: 1. Implikasi Teoritis Interaksi sosial guru dengan siswa mempunyai pengaruh terhadap minat belajar mata pelajaran PPKn. Interaksi sosial yang baik antara guru dengan siswa tentunya akan berimbas pada minat belajar siswa yang tinggi pula, semakin baik interaksinya makin besar minat belajarnya. Diharapkan interaksi sosial guru dengan siswa mampu meciptakan suasana belajar yang baik ketika disekolah terutama kelas sehingga siswa akan memiliki minat belajar yang tinggi. 2. Implikasi Praktis Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi guru-guru baik PPKn maupun guru mata pelajaran lain dalam menciptakan pola-pola interaksi yang asik, menyenangkan dan baik bagi siswa sehingga siswa akan merasa nyaman belajar dan mampu meningkatkan minat belajarnya. 5.3 Saran Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang penulis sarankan antara lain: 1. Bagi guru sebagai masukan agar mampu menciptakan variasi interaksi dalam metode pembelajaran sehingga tercipta suasana belajar yang aktif, asik dan kondusif ketika disekolah sehingga membangkitkan minat belajar siswa. 2. Bagi siswa diharapkan selalu berusaha menjaga hubungan dan komunikasi yang baik antara mereka dan gurunya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. 3. Bagi sekolah diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik dengan guru-guru dalam hal merancang sistem pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga siswa memiliki minat yang tinggi serta bersemangat ketika belajar disekolah. 4. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan mampu memfokuskan penelitiannya tentang variabel-variabel lain yang mempengaruhi minat belajar yang belum termasuk dalam penelitian ini. DAFTAR RUJUKAN Abdulsyani. 2015. Sosiologi Skematika, Teori Dan Terapan. Jakarta:PT Bumi Aksara Aritonang, Keke. T. 2008. Minat dan Motivasi Belajar Siswa SMPK 1 BPK PENABUR Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur.10(7):11-21 Budiwati, Mutaminah. 2004. Sosiologi. Yogyakarta:Andi Offset Darmadi, Hamid. 2012. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung:Alfabeta Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara Djamarah S.B, 2008, Psikologi Belajar, Edisi 2, Jakarta, Rineka Cipta. Efendi, agus, Puwani Indri Astuti, dan Nuryani Tri Rahayu. 2017. Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora. 18(2):12-24 Febriyanti & Seruni. 2014. Peran Minat Dan Interaksi Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal formatif. 4(3):245-254 Iskandar. 2009. Psikologi Pendidkan. Jakarta:Gaung Persada Nasution. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta:Bumi aksara Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:bumi aksara Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta:PT Rhineka Cipta Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta . 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta . 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta Soentoro, Ali Idris. 2015. Cara Mudah Belajar Metodelogi Penelitian Dengan Aplikasi Statistika. Jawa Barat:PT Taramedia Bakti Persada Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenamedia Sutrisno. 2016. Berbagai pendekatan dalam pendidikan nilai dan pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Suwatra, I Wayan. 2014. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta:Graha Ilmu Suyono & Haryanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Oofset Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya Oofset Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada Winarno. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah: Standar Isi dan Pembelajarannya. Jurnal Civics.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVRI NORA HANDAYANI HARAHAP |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 07:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |