FRISCA, BELA (2019) HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KUMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMA NEGERI 4 MUARO JAMBI. HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KUMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMA NEGERI 4 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
cover.docx Download (80kB) |
![]() |
Text
cover.docx Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB 1.docx Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (30kB) |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MUARO JAMBI Peneliti : Bela Novita Frisca NIM : RRA1E114016 Pembimbing : 1. Drs. Joni Afri, M. Pd 2. Drs. Rasimin, M. Pd Kata Kunci : Penerimaan Diri, Komunikasi Interpersonal Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena lapangan yang terjadi salah satunya adalah siswa sering melontarkan kata-kata dan ucapan yang tidak perlu diucapkan ketika kegiatan belajar-mengajar sedang berlangsung, misalnya mengucapkan kata yang kurang sopan, saling mengejek teman, sulit menolak atau mengatakan tidak setuju mengenai sesuatu hal kepada teman, sulit mengakhiri pembicaraan dengan orang yang lebih tua atau guru, serta banyak siswa yang masih sulit mengungkapkan pendapat ketika berdiskusi atau ketika guru memberikan pertanyaan. Penulis menyimpulkan bahwa masih rendah komunikasi interpersonal antar siswa di sekolah tersebut. Untuk sukses di sekolah, siswa diharapkan agar mampu berinteraksi dengan orang lain, mengenal orang lain dan diri sendiri, serta mampu mengungkapkan dirinya kepada orang lain. Karena sebagian kebutuhan dalam diri manusia hanya dapat dipuaskan lewat komunikasi dengan sesamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan penerimaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas x sma negeri 4 muaro jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas x di sma negeri 4 muaro jambi yang berjumlah 199 orang. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatif nya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 80 orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan data yang diperoleh lalu dianalisis dengan mengunakan statistik parametrik korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS 20.00. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hubungan antara penerimaan diri dengan komunikasi interpersonal sangat kuat positif yaitu 0,289 dengan signifikasi 0,009 kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa adanya hubungan penerimaan diri secara signifikan dengan komunikasi interpersonal diterima kebenarannya. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka hubungan antara variabel X dan Y positif dan signifikan. Maksud positif disini, semakin tinggi penerimaan diri, maka semakin tinggi komunikasi interpersonal. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah penerimaan diri, maka semakin rendah pula komunikasi interpersonal.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | BELA NOVITA FRISCA |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 03:39 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 03:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |