PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI

Ilma, Nur (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESEHAN.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Ilma Nur, 2019. Pengaruh Disiplin Belajar dan Interaksi Edukatif terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Unniversitas Jambi. Pembimbing (I) Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc., Ed., Ph.D. Pembimbing (II) Dr. Akmal Sutja, M.Pd. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Interaksi Edukatif dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar dan interaksi edukatif secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. pengumpulan data menggunakan isntrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan kepada siswa dan nilai leger siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Administrasi Perkantoran sebanyak 122 orang dan 67 siswa terpilih sebagai sampel. Perhitungan sampel dilakukan dengan perhitungan intrapolasi, selanjutnya pembagian sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara disiplin belajar terhadap hasil sebesar 0,444, maka Ho ditolak dan Ha diterima; (2) Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara interaksi edukatif terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,320, maka Ho ditolak dan Ha diterima; dan (3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara disiplin belajar dan interaksi edukatif terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,602, sehingga dapat disimpulkan disiplin belajar dan interaksi edukatif bersama-sama memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru dapat menumbuhkan sikap disiplin siswa dalam belajar, membangun interaksi dengan siswa dengan sebaik-baiknya, menumbuhkan sikap aktif siswa dalam berinteraksi selama proses pembelajaran baik itu kepada guru maupun kepada ssesama siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR ILMA
Date Deposited: 18 Dec 2019 06:44
Last Modified: 18 Dec 2019 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9940

Actions (login required)

View Item View Item