SINUANTORO, NANANG (2020) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (317kB) |
Abstract
ABSTRAK Sinuantoro, Nanang. 2020 “Pengaruh LiterasiKeuangan dan penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Jambi”. Skripsi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Hj. Farida Kohar, M.P. Pembimbing II Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd.. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Penggunaan Media Sosial, dan Perilaku Konsumsi Mahasiswa pendidikan ekonomi mendapatkan materi-materi mengenai keuangan ataupun ekonomi di kelas. Hal tersebut seharusnya dapat menambah pengetahuan literasi keuangannya agar terhindar dari masalah keuangannya. Namun, pada kenyataannya sebanyak 62,9% mahasiswa masih belum mampu memahami dan mengelola keuangan pribadinya dengan baik, yang akhirnya meningkatkan perilaku konsumsi. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosisal terhadap perilaku konsumsi mahasiswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian inii adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 yang berjumlah 62 orang. Sampel yang dipilih peneliti yang dirasa mewakili dari keseluruhan populasi berjumlah 62 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 2, 292. Oleh karena nilai koefesien t hitung > t tabel 2,292 > 2,000), artinya terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 9.106. Oleh karena nilai koefesien t hitung > t tabel (9,106 > 2,000), sehingga terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 94,485 sehingga F hitung > F tabel, maka terdapat pengaruh literasi keuangan dan penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dengan adanya pemahaman literasi keuangan dan penggunaan media sosial dapat mengurangi tingkat perilaku konsumsi berlebihan mahasiswa. Dan penelitian ini bisa menjadi yang berguna bagi peneliti selanjutnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NANANG SINUANTORO |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:03 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 03:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |