Puspita, Vira and Arsil, Arsil and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover DLL.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Puspita, Vira. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Pandemi Covid-19, Pelaksanaan Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pandemi Covid-19 dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 182/1 Hutan Lindung pada bulan November-Desember 2020. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang dampak pandemi Covid-19 yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian yaitu guru wali kelas, peserta didik, orang tua/wali peserta didik juga didukung kepala sekolah. Setelah itu, dilakukan pengumpulan data untuk dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan hadirnya pandemi Covid-19 dalam pelaksanaan pembelajaran memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya berupa, menumbuhkan motivasi guru untuk lebih kreatif lagi dalam melaksanakan pembelajaran dan adaptasi teknologi, menjadikan peserta didik kreatif dan mandiri dalam mengikuti pelajaran, menjadikan hubungan orang tua, peserta didik, guru dan sekolah lebih intens dan baik. Selain itu, juga memberikan dampak negatif berupa, guru yang dibuat sibuk dan lelah untuk menyiasati dan melaksanakan pembelajaran, juga diikuti dengan peserta didik yang kurang memahami pelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pandemi Covid-19 memberikan dampak positif dan dampak negatif terhadap guru, peserta didik, dan orang tua/wali peserta didik sebagai subjek yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan pada masa pandemi Covid-19.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | VIRA PUSPITA |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 04:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |