Listiarini Putri, Hanny (2021) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII H SMPN 11 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP.
![]() |
Text
halaman sampul (kertas wangi).docx Download (287kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN (Wangi).docx Download (18kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK(wangi).docx Download (18kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.docx Download (9kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN (Wangi).docx Download (18kB) |
Abstract
Kata Kunci : Picture and Picture, menulis teks deskripsi Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture siswa kelas VII H SMPN 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Kota Jambi pada Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 11 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII H SMPN 11 Kota Jambi sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan tes soal tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi dibanding dengan menggunakan metode ceramah. Tinjauan ini didasarkan pada rata-rata skor kemampuan menulis teks deskripsi, menggunakan model pembelajaran Picture and Picture memperoleh nilai rata-rata 497.86 dibanding dengan menggunakan metode ceramah yang memperoleh nilai rata-rata 383.411. setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 21, maka diperoleh nilai signifikansi atau sig sebesar 295 < 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan metode pembelajaran ceramah dalam penulisan teks deskripsi siswa VII H SMPN 11 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII H SMPN 11 Kota Jambi. saran peneliti adalah siswa perlu dilatih secara terus menerus dan berkesinambungan untuk menulis teks narasi dengan diterapkannya model pembelajaran Picture and Picture.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HANNY LISTIARINI PUTRI |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 02:16 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 02:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |