PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA

desmarani, suci (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI SUCI DESMARANI (A1C117081).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (723kB)
[img] Text
Halaman Pengesahann.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 Abstrak.pdf

Download (14MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (14MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14MB)
[img] Text
11 Daftar Pustaka.pdf

Download (14MB)

Abstract

Materi ikatan kimia ini tergolong abstrak dan mencangkup banyak teori serta konsep yang cukup kompleks. Mengakibatkan materi ikatan kimia menjadi sulit untuk dimengerti oleh peserta didik. Pembelajaran kimia tidak hanya dilakukan dengan menghafal teori dan konsep saja tetapi dalam proses pembelajaran juga menuntut kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Untuk dapat meningkatkan kemampuan tersebut diperlukan inovasi pada pembelajaran berupa pengembangan media pembelajaran dalam bentuk e-LKPD. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran e-LKPD berbasis Inquiry-flipped Classroom untuk meningkatkan 2 kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Allesi dan Trollip yang terdiri dari tiga fase yaitu planning, design, dan development. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, instrumen validasi ahli desain pembelajaran dan materi serta instrumen validasi ahli media. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli desain pembelajaran dan materi, serta ahli media terhadap media pembelajaran eLKPD pada materi ikatan kimia yang dikembangkan memberikan penilaian dengan kriteria “sangat baik” dan dinyatakan sudah layak untuk diimplementasikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SUCI DESMARANI
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:50
Last Modified: 13 Apr 2021 07:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19420

Actions (login required)

View Item View Item