Lubis, Tia Muliani and kuntarto, eko and Destrinelli, Destrinelli (2021) KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA SD KELAS IV DALAM MEMBACA TEKS SASTRA DONGENG. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI _TIA MULIANI LUBIS A1D117168.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (594kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kemampuan kognitif tingkat tinggi merupakan suatu kemampuan berpikir dimana siswa mampu berpikir kritis, kreatif, analitis dan terampil. Berdasarkan hasil tes PISA pada tahun 2018 yang menyatakan bahwa kemampuan literasi bahasa siswa Indonesia berada pada kategori rendah, dan pada soal tes PISA menggunakan soal yang berbasis HOTS, melalui permasalahan ini peneliti tertarik untuk mengetahui kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa SD kelas IV dalam membaca teks sastra dongeng Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa kelas IV SD Negeri No. 34/I Teratai dalam membaca teks sastra dongeng yang berjudul “pak belalang” melalui soal berbasis HOTS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 34/I Teratai. Menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan tes mengenai kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa menggunakan soal berbasis HOTS pada pembelajaran teks sastra dongeng di kelas IV SD yang diberikan kepada siswa dengan meggunakan validitas isi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca teks yang diukur menggunakan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) adapun nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada soal level menganalisis yaitu 72,28% dengan kategori kemampuan tinggi, nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada soal level mengevaluasi yaitu 75,54% dengan kategori kemampuan tinggi, nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada soal level mencipta yaitu 45.65% dengan kategori kemampuan rendah. Berdasarkan rata-rata skor total dari ketiga level soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) kelas IV A SD Negeri No. 34/I Teratai berada pada kategori kemampuan cukup dengan rata-rata nilai 64,49%. Dari hasil penelitian ini disarankan guru lebih banyak memberikan latihan berupa soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) secara terus-menerus agar siswa terlatih dan terbiasa dalam mengerjakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) sehingga siswa dapat menunjang kemampuannya dalam berpikir tingkat tinggi khususnya pada level mencipta (C6) dengan membiasakan siswa melatih daya imajinasinya untuk dapat menciptakan suatu karya sederhana agark kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa lebih baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | TIA MULIANI LUBIS |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 02:22 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 02:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |