PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN BINA KASIH JAMBI

SUSANTO, RUDI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN BINA KASIH JAMBI. S2 thesis, universitas Jambi.

[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (433kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN BINA KASIH JAMBI Oleh: Rudi Susanto NIM: P2A619035 (Program Studi Magister Pendidikan Dasar) Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Bina Kasih Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kristen Bina Kasih Kota Jambi pada kelas IVA dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian ini dimulai sejak bulan Februari sampai bulan Maret 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperiment, adapun desain penelitian yang dipilih adalah one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes awal, kemudian pembelajaran matematika secara daring, dan tes akhir. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan teknik tes dengan menggunakan pretest dan posttest, serta dengan menginterpretasi hasil kuesioner pembelajaran matematika secara daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Bina Kasih Jambi dari hasil uji paired sample t-test soal pilihan ganda, essay, dan nilai total terlihat bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan posttest pilihan ganda, essay, dan nilai total. Selain itu, terdapat juga hasil interpretasi dari kuesioner pembelajaran matematika secara daring yaitu sangat efektif. Dari nilai total hasil kuesioner yaitu 4,29 terletak pada range nilai sangat efektif. Sehingga dengan menggunakan pembelajaran daring dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru di sekolah dalam proses pembelajaran siswa. Kata Kunci: Pembelajaran daring, Hasil belajar, Matematika.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: RUDI SUSANTO
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:35
Last Modified: 08 Jun 2021 03:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20216

Actions (login required)

View Item View Item