Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Perundungan (Bullying) Verbal Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Kota Jambi

Annisa, Nurul (2021) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Perundungan (Bullying) Verbal Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul, A. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Perundungan (Bullying) Verbal Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Nelyahardi Gutji, M. Pd., (II) Hera Wahyuni, S. Pd, M. Pd., Latar belakang ini adanya perilaku perundungan verbal siswa yaitu yang dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Jika pola asuh yang diterapkan baik kepada anak, maka karakter anak akan menjadi lebih baik. Sebaliknya, jika pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak kurang baik maka, akan mengarah kepada perilaku yang negatif seperti perilaku perundungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku perundungan (bullying) verbal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai determinasi berada pada angka 0,289 kriteria penafsiran yang diberikan cukup kuat, hal ini menggambarkan bahwa pola asuh orang tua memberikan pengaruh terhadap perilaku perundungan (bullying) siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jambi. dengan nilai koefesien regresi Y = 33, 240 + (-0,373)X. Dalam artian semakin tinggi pola asuh yang diterima oleh siswa dari orang tua maka, perilaku perundungan (bullying) verbal siswa semakin menurun. Dari hasil penelitian disarankan untuk peneliti selanjutnya mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan pola asuh orang tua maupun perilaku perundungan (bullying) verbal agar hasil penelitiannya dapat lebih baik dan lebih lengkap lagi. Selanjutnya diharapkan guru BK memprogramkan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling secara optimal untuk meminimalisir terjadinya perilaku perundungan verbal. Kata Kunci : Pola asuh orang tua, perundungan (bullying) verbal

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Annisa
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:47
Last Modified: 09 Jun 2021 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20219

Actions (login required)

View Item View Item