Sari, Novita (2021) PROBLEMATIKA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS VI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHALI’UL HUDA MUARO JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
repository TESIS NOVITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
![]() |
Text
COVER TESIS.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan pengesahan.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB V TESIS NOVITA.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK PROBLEMATIKA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS VI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHALI’UL HUDA MUARO JAMBI OLEH Novita Sari NIM P2A619018 (Program Studi Magister Pendidikan Dasar) Penelitian ini membahas tentang Problematika Guru Terhadap Pembelajaran Tematik Integratif Kelas VI pada Masa Pandemi COVID 19 di Madrasah Ibtidaiyah Mathali’ul Huda. Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di kelas VI pada masa pandemi COVID 19; 2) mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam peksanaan pembelajaran tematik integratif pada masa pandemi COVID 19; 3) mengetahui upaya yang ditempuh dalam mengatasi problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di kelas VI pada masa pandemi COVID 19 di Madrasah Ibtidaiyah Mathali’ul Huda. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, (data reduction) reduksi data, (data display) penyajian data, dan kesimpulan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik porposive sampling. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas VI A dan VI B yang mengajar tematik integratif, kepala sekolah, dan ketua yayasan Madrasah Ibtidaiyah Mathali’ul Huda Muaro Jambi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik integratif di kelas VI pada masa pandemi COVID-19 berlangsung secara terstruktur namun kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh lima temuan problematika pembelajaran tematik. Selanjutnya, upaya yang ditempuh oleh guru dalam mengatasi problematika pelaksanaan pembelajaran tematik integratif yaitu,, guru lebih maksimal dalam memberikan pelayanan pendidikan, namun ada beberapa problematika yang tidak bisa di hadapi sendiri, membutuhkan upaya bersama dalam menangainya. Kata kunci : Problematika Guru, tematik integratif, pandemi COVID-19
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | NOVITA SARI |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 07:09 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |