Husna, Amalia (2021) PENGARUH PENERAPAN E-LEMATIKA ACTIVE-FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE PADA MATERI MATRIKS DENGAN STRATEGI INFORMATION SEARCH TERHADAP SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI SMK N 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNJA.
![]() |
Text
sampul.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (460kB) |
Abstract
Self-efficacy adalah suatu keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan hingga mencapai suatu tujuan tertentu. Self-efficacy berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dianggap cocok untuk meningkatkan self-efficacy siswa, salah satunya model flipped classroom. Dalam pelaksanaannya flipped classroom ditunjang dengan strategi pembelajaran aktif yaitu information search. Pembelajaran dilakukan dengan elematika yang berbasiskan Moodle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-lematika active-flipped classroom berbasis moodle pada materi matriks dengan strategi information search terhadap self-efficacy siswa pada kelas XI SMK N 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada Februari 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan yang berbeda. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen yang akan menerapkan pembelajaran E-lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan Strategi Information Search dan Siswa kelas XI TKJ 5 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol yang akan menerapkan pembelajaran model konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan pretestposttest control group desain. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa dan guru serta angket self-efficacy siswa yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Untuk analisis data digunakan uji independent sample t test. Dari hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengamatan lembar observasi yang telah dilakukan disimpulkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berlangsung dengan sangat baik. Dari hasil uji t pada kedua kelas dengan menggunakan uji independent sample t test terlihat bahwa perhitungan dengan SPSS 25 yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan e-lematika active-flipped classroom berbasis moodle pada materimatriks dengan strategi information search terhadap self-efficacy siswa pada kelas XI SMK N 1 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | AMALIA HUSNA |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 02:56 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 02:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |