Wati, Krisna (2021) PENGARUH PENERAPAN E-LEMMATIKA ACTIVE-FLIPPED CLASSROOM TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERABASIS MOODLE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK N 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover SKRIPSI.docx Download (166kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.docx Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah melalui wawancara kepada guru matematika menyatakan bahwa sebanyak 22 siswa mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 pada nilai ulangan materi sistem persamaan linier dua variabel, kesulitan dalam menentukan persamaan berdasarkan definisi, dan kesulitan dalam menggunakan metode penyelesaianya, walaupun sekolah sudah menyediakan LMS, namun LMS yang digunakan sering mengalami masalah sehingga pembelaran kurang berjalan secara maksimal. E-lematika active-flipped classroom tipe team accelerated instruction hadir sebagai inovasi model flipped dimana saat kegiatan in class siswa harus aktif dan kolaboratif untuk menggali informasi secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-lematika active-flipped classroom berbasis moodle pada materi fungsi dengan tipe team accelerated instruction terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pretest-posttest only control design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang memilih 2 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu pada kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 SMK N 1 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa tes hasil belajar siswa, lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian pada pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t test dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,005. karena 0,005<0,05 maka H_1 diterima, itu artinya pengaruh yang diberikan dengan model pembelajaran E-lematika Active-Flipped Classroom tipe Team Accelerated Instruction Berbasis Moodle terhadap hasil belajar matematika siswa lebih baik dibanding dengan penerapan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan E-lematika active-flipped classroom tipe Team Accelerated Instruction berbasis moodle pada materi sistem persamaan linier dua variabel memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK N 1 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Krisna Wati |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 01:57 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 01:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |