MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

SIREGAR, RAFIKA (2021) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. COVER VALID TESIS RAFIKA.doc

Download (66kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN RAFIKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK TESIS-dikonversi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
10. BAB V-dikonversi.pdf

Download (38kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (18kB)

Abstract

Siregar, R. 2021. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Model Time Token Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar”. Kata kunci : Keterampilan Berbicara, Model Time Token. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 43/IV Kota Jambi masih kurang dengan hasil obervasi kemampuan mengemukakan pendapat siswa sebesar 40%. Kurangnya kesempatan yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengakibatkan timbulnya kesenjangan dalam ketermapilan berbicara siswa pada pembelajaran IPA, kurangnya variasi model pembelajaran juga membuat siswa bosan dan tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran IPA melalui model time token pada siswa kelas V SDN 43/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi keterampilan berbicara siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran time token. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pembelajaran IPA. Berdasarkan lembar observasi keterampilan berbicara siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase keterampilan berbicara siswa sebesar 45% dengan kategori cukup baik pada siklus I dan 68% dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 43/IV Kota Jambi dapat meningkat setelah diterapkan model time token.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Rafika Siregar
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:17
Last Modified: 21 Jun 2021 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21087

Actions (login required)

View Item View Item