Pengaruh Minat Belajar dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI Manajemen Perkantoran di SMKN 1 Kota Jambi

Putri, Losandra Aulia and Rahman, K.A and Rahmalia, Rahmalia (2021) Pengaruh Minat Belajar dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI Manajemen Perkantoran di SMKN 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi, hal ini dibuktikan melalui analisis regresi yang diperoleh nilai hasil pengujian yang menunjukan nilai korelasi persial sebesar 0,833 koefisien determinasi R square = 0,356 dengan signifikan sebesar 0,001 < 0,05 sehingga nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,052 > 2.034 maka dapat dikatakan signifikan. Karen nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, (2) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar, hal ini dibuktikan melalui analisis regresi yang diperoleh nilai hasil pengujian yang menunjukan nilai korelasi persial sebesar 0,269 koefisien determinasi R square = 0,331 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,980 > 2.034 maka dapat dikatakan signifikan. Karen nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, dan (3) minat belajar dan efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap prestasi belajar, sumbangan pengaruh yang diberikan minat belajar dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa sebesar 68,7%, hal ini diketahui dari hasil pengujian koefisien determinasi dimana hasil dari R square adalah 0,687. Sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh secara simultan antara minat belajar dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa sebesar 68,7%, sisanya yaitu 31,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti motivasi siswa, gaya belajar siswa, kecerdasan emosional siswa serta lingkungan belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Losandra Aulia Putri
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:44
Last Modified: 22 Jun 2021 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item