Implementasi E-learning (Google Classroom) Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas XI IPS SMAN 10 Kota Jambi

Pratiwi, Rts Apriliani (2021) Implementasi E-learning (Google Classroom) Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas XI IPS SMAN 10 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi e-learning (google classroom) terhadap pembelajaran dan akibat positif serta negatif dari implementasi e-learning (google classroom) terhadap pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Kota Jambi kelas XI IPS tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 7 siswa dan 2 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran online menggunakan E-learning (Google Classroom) memberikan manfaat bagi guru dan siswa. Penelitian ini memberikan informasi: 1) implementasi pembelajaran E-learning (Google Classroom) di kelas XI IPS yaitu guru membuka kelas di Google Classroom, memberikan materi dan mengadakan penugasan, sementara siswa bergabung di kelas dan mengerjakan tugas yang dibuat oleh guru; 2) akibat positif dari implementasi pembelajaran secara daring adalah untuk membantu siswa lebih memahami penggunaan teknologi, pembelajaran dapat dilakukan dimana saja, biaya yang dikeluarkan lebih sedikit, dan melatih self-regulated siswa atau lebih bertanggung jawab terhadap pembelajaran mandiri di rumah. Di sisi lain, selama pembelajaran juga ditemukan bahwa komunikasi satu arah yang tidak efektif membuat peserta didik mengalami penurunan terhadap daya serap. Guru tidak menjelaskan materi secara rinci dan lebih dominan memberikan penugasan. Berdasarkan informasi yang diperoleh penulis menyarankan bahwa dalam proses pembelajaran selama daring ini guru perlu memberikan feedback atau umpan balik. Adanya umpan balik yang baik dapat membantu dalam membangun interaksi dan meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi Nurmala Sari, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: implementasi, e-learning, google classroom, pembelajaran, covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rts Apriliani PRATIWI
Date Deposited: 02 Jul 2021 06:56
Last Modified: 02 Jul 2021 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22198

Actions (login required)

View Item View Item